Apa yang Anda pakai hari ini? Sentuhlah. Ayo. Seperti apa rasanya? Ya, Anda sedang menyentuh sepotong pakaian. Anda sedang menyentuh sejenis kain. Anda sedang menyentuh pilihan busana. Namun demikian, ada sesuatu yang lebih. Anda juga sedang menyentuh sebuah kisah. Karena setiap potongan pakaian, di lemari pakaian Anda, di lemari pakaian saya, di lemari pakaian semua orang – memiliki sebuah kisah.



Saat ini, merek-merek pakaian tengah menuliskan kisah ini untuk kita. Menampilkan saluran air publik yang diperlakukan seperti saluran air pribadi. Menampilkan sungai-sungai beracun. Menampilkan bahan-bahan kimia berbahaya, sulit terurai dan menganggu hormon yang bisa menyebabkan kerusakan serius bagi ekosistem dan mata pencaharian.
Saya tidak tahu dengan Anda, tapi kami di Greenpeace tidak menyukai seluruh kisah tersebut. Kami menyukai pakaian kami, sungguh. Kami menggunakan pakaian untuk berekspresi dan menampilkan diri kami ke tengah dunia. Tapi penuh semangat kami bersatu dalam sebuah keyakinan bahwa mode tidak seharusnya secara harfiah membebani bumi.
Tidak – pakaian kami tidak harus direnda dengan bahan kimia beracun. Pakaian kami tidak harus diproduksi tanpa transparansi dan menyebabkan pencemaran air beracun. Mereka tidak harus dirancang untuk usang lebih cepat dari yang dapat kita beli.
Ada cara lain dan orang-orang seperti Anda yang akan mengusungnya. Karena inilah masalahnya. Merek-merek yang membuat apa yang kita pakai akan mendengarkan kita. Mengapa? Karena tanpa kita mereka bukan apa-apa. Benar sekali : BUKAN APA-APA. Dan mereka mengerti hal ini.

Kita bukan roda geligi di mesin mereka.
Kita punya kekuatan luar biasa atas mereka secara pribadi, tapi lebih dari itu, ketika kita bersatu bersama.
Kami menyebutnya #PeoplePower (Kekuatan Massa) dan kekuatan ini terus bertumbuh. Kami adalah orang-orang yang menyukai pakaian kami dan kami siap untuk mendorong banyak hal ke muka. Itulah mengapa tahun ini, Kampanye Detox Greenpeace menggali jauh ke dalam bahan kimia berbahaya yang digunakan dalam produksi bisnis pakaian.
Hari ini, kami tengah membongkar hubungan antara fasilitas produksi tekstil yang menggunakan bahan kimia berbahaya dan menyebabkan pencemaran air. Investigasi kami termasuk 20 merek pakaian global, dan pengujian pada 141 produk yang dijual merek pakaian terkemuka seperti Zara, label pakaian China Metersbonwe, Calvin Kelin, Levi’s, Mango, Tommy Hilfiger dan Vero Moda.
Kami mendesak merek-merek ini untuk menghilangkan pelepasan bahan kimia berbahaya ke tengah lingkungan dan produk. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah menggantinya dengan alternatif yang lebih aman. Dan untuk menunjukan bahwa mereka serius, mereka harus transparan dan menyingkap apa yang dilepas pemasok mereka  ke tengah lingkungan dari fasilitas mereka.
Jika merek-merek yang memiliki kekuatan dan pengaruh bekerja sama dengan para pemasuk untuk menjadi periontis alternatif aman bagi bahan kimia berbahaya, dan membawa mereka ke tengah pasar dengan cepat, yang lainnya akan menyusul. Jika #PeoplePower / Kekuatan Massa terus mendesak dengan cukup kuat, kita dapat mengubah banyak hal secara global dan selamanya.
Pertimbangkan apa yang telah kita capai : tujuh merek internasional (Puma, Nike, Adidas, H&M, M&S, C&A dan Li-Ning) telah berkomitmen untuk berubah karena Anda telah meminta mereka. Tapi sejauh ini merek-merek seperti Zara tetap diam. Jika Anda berbagi visi dengan kami untuk masa depan, bergabunglah bersama kami untuk meminta Zara melakukan detox di pakaian kita!
Katakan pada Zara kita tidak menginginkan bahan kimia berbahaya di pakaian kita atau di saluran air kita. Bersama, kita dapat mengendalikan kisah yang disampaikan oleh pakaian kita dan menjadikannya yang terbaik bagi kita semua.

Source : link